Wednesday, June 6, 2012

Perbedaan Pengertian Antara Pendidikan Kejuruan dengan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan


1.    
a.    Pendidikan kejuruan
§  Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan dan mengembangkan kerja produktif,pendidikan kejuruan juga dapat diklasifikasikan kedalam jenis pendidikan khusus(specialized education) yang berarti pendidikan yag disediakan hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki minat khusus untuk mempersiapakan dirinya untuk bekerja pada bidang pekerjaan di masa mendatang.(Suharsimi,1988:1)
§  Pendidikan kejuruan merupakan bagian dari system pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada suatu kelompok pekerjaan atau bidang pekerjaan dari pada bidang –bidang pekerjaan lain.(Evans 1978:34)dan (Wardiman Djojonegoro 1998:33).
§  Pendidikan kejuruan adalah pendidikn yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam keahlian tertent.(UU No.23 tentang sistem pendidikn nasional)
§  Pendidikan kejuruan adalah harus memfokuskan usahanya pada penyelenggara an pendidikn dan latihan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia.(Sukamto,1988:33)
§  Pendidikan kejuruan adalah suatu program yang berada di bawah pendidikan tinggi yang diorganisasi menyiapkan peserta didik untuk memasuki dunia kerja tertentu atau meningkatkan pekerjaan dalam dunia kerja(Good,1959).
§  Pendidikan kejuruan bermaksud menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja tingkat menengah tertentu yang sesuai dengan tuntutan yang dipersyaratkan oleh dunia kerja, dan memberikan bekal kepada peserta didik untuk mengembangkan dirinya.Oleh  karena pendidikan kejuruan pada dasarnya mengarahkan peserta didik pada bidang tertentu melalui suatu organisasi , tentulah hasil pendidikan ini dapat dipakai sebagai bekal mencari kehidupan atau nafkah. Pendidikan ini dapat juga dinamakan : ’education for earning a living.
b.    Pendidikan teknologi kejuruan
§  Pendidikan teknologi kejuruan adalah pendidikan yang diselenggarakan bagi para siswa yang merencanakan dan mengembagkan karirnya pada bidang keahlian tertentu untuk bekerja secara efektif.
§  Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang diarahkan untuk mempelajari bidang khusus,agar para lulusan memiliki keahlian tertentu seperti bisnis, fabrikasi, pertanian,kerumahtanggaan, otomotif, telekomunikasi, listrik, bangunan, dsb.
§  Pendidikan teknologi kejuruan diartikan sebagai program pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja pada level teknisi atau sub-profesional, yang biasanya tingkatannya berada satu level di atas craftsman akan tetapi levelnya berada di bawah profesional.
Jadi berdasarkan definisi diatas dapat dlihat bahwa sebenarya pendidikan kejuruan dan pendidikan teknologi kejuruan memiliki kesamaan dimana keduanya sama-sama memberikan bekal keterampilan khusus kepada para siswanya agar mereka siap memasuki dunia kerja nantinya.

No comments:

Post a Comment

Ping your blog