Friday, June 1, 2012

laporan akhir magang Pmw Budidaya Ikan lele


A.    Identitas UKM
1.      Nama UKM
Unit Pembenihan Rakyat Tunas Muda Peduli
2.      Nama Pemilik
M. Zainun Ikhsan, S.Pi
3.      Nomor Telepon
081376773811
4.      Alamat
Garon Rt 03 Jalan Parangtritis Panggungharjo Sewon bantul Yogyakarta
B.     Sejarah Pendirian
Menyikapi masalah klasik yang ada di Negara ini yaitu betapa susahnya untuk mencari pekerjaan, dua orang oemuda dengan bekal sebuah tekad yang kuat pada akhir tahun 2009 berinisiatif untuk mendirikan usaha budidaya perikanan dengan keyakinan bahwa usaha ini akan menjadi salah satu model wirausaha yang bisa diterapkan dipekarangan terbatas, sederhana namun secara ekonomi benar- benar mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dimulai dengan memproduksi ikan hias sederhana sekelas kemampuan anak-anak seperti guppy,platy,molly,cupang dan sebagainya yang dipasarkan di kios- kios maupun pasaar ikan hias yang ada di wilayah Yogyakarta. Hasil yang diperoleh cukup lumayan, minimal sudah bisa dijadikan landasan untuk membentuk jaringan . Namun karena ikan hias ini bersifat musiman maka dipandang perlu untuk mengganti komuditas yang pasarnya lebih stabil dan prospektif, maka dipilihlah ikan lele sangkuriang untuk dijadikan sebagai produk utama.
Lele sangkuriang dipilih sebagai produk utama usaha karena menurut para pakar lele dumbo hasil silangan balik ini memiliki beberapa keunggulan yaitu pertumbuhan nya cepat, tahan terhadap penyakit dan lebih mudah dibudidayakan. Setelah beralih ke lele sangkuriang ini usaha menjadi lebih maju.
Akhirnya seiring bertambahnya rasa percaya diri maka tanggal 23 Maret 2010, pendiri mengajak warga sekitar untuk mendirikan kelompok pembudidaya ikan yang diberi nama TUNAS MUDA PEDULI. Nama Tunas Muda Peduli sendiri berarti para pemuda yang senantiasa peduli dengan kondisi masyarakat melalui perjuangannya dalam bidang perikanan. Pada tanggal 10 Mei 2011 kelompok pembudidaya Tunas Muda Peduli menerima piagam pengukuhan dari Kepala Desa PAnggungharjo sebagai pokdakan kelas pemula.
Kelompok Tunas Muda Peduli bergerak di dua bidang jenis usaha budidaya yaitu pembenihan dan pembesaran. Untuk pembenihan kelompok ini memproduksi benih lele sangkuriang dari ukuran rete, 2-3, 3-4, hingga 5-7 dan untuk usaha pembesaran memproduksi lele ukuran konsumsi.Untuk pemasaran , Kelompok Tunas Muda Peduli tidak mengalami kesulitan , untuk benih malah seringkali kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar. Daerah pemasaran benih Kelompok Tunas Muda Peduli adalah wilayah DIY, Pontianak, Pacitan sedangkan untuk pemasaran lele konsumsi didukung oleh dua pedakang pengepul lele didesa.
Setelah satu setengah tahun berjalan Kelompok Tunas Muda Peduli memang belum banyaj prestasi yang diraih, prestasi yang baru diraih adalah sebagai berikut:
1.      Pada tanggal 28 Juni 2011 Meraih Sertifikat CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik) dari Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikana Lulus dengan Predikan BAIK.
2.      Pada tanggal 22 Juli 2011 pemimpin Kelompok Tunas Muda Peduli telah meraih sertifikat Manajer Pengendali Mutu CPIB No: 17/MPMCPIB47/Ditnih-DJPB-DKP Prov.DIY/VII/2011 dari Direktorat Jendral Perikanan Budidaya ,Kementerian Kelautan dan Perikana Lulus dengan Predikan BAIK.
3.      Pada tanggal 27 Oktober 2011 kelas kelompok meningkat menjadi Kelas Lanjut dibuktikan dengan surat pengukuhan oleh Camat Sewon No: 523/366.
Disamping itu hamper setiap hari ada tamu yang hanya sekedar ngangsu kawruh, mnjadikan kelompok Tunas Muda Peduli sebagai tempat bertukar pikiran tentang pahit getirnya usaha di bidang perikanan.
C.     Jenis Investasi
Selain melakukan usaha pembudidayaan sendiri M. Zainun Ikhsan, S.Pi melakukan investasi berupa pemberian penyuluhan pada pembudidaya pembudidaya pemula, ditanggung biaya operasionalnya, kemudian saat benih terjual maka akan mendapat 10% hasil penjualan.
D.    Tenaga Kerja
Tenaga kerja dari Kelompok Tunas Muda Peduli ini tidak lain adalah seluruh anggota Kelompok Tunas Muda Peduli itu sendiri.
E.     Managemen dan Organisasi
Struktur organisasi Kelompok Tunas Muda Peduli adalah sebagai berikut:
Ketua                                                  :           M. Zainun Ikhsan, S.Pi
Sekretaris                                            :           Pardiyono
Bendahara                                           :           M. Thoyib
Seksi Teknis                                        :           Hermawan
Seksi Pemasaran                                  :           Daldiri
Seksi Humas                                       :           Triyantono
Seksi Sarana Produksi Perikanan        :           Edi Suwarno
Anggota                                              :           Jumiyono
                                                                        Wutuh
                                                                        Saryanto
Program kerja                                      :
1.      Jangka pendek (bulan depan)
Pengembangan lahan pendederan benih untuk mencukupi permintaan pasar yang terus meningkat.
2.      Jangka menengah (setengah tahun mendatang)
Pengembangan lahan pembesaran lele untuk meningkatkan produksi lele konsumsi secara kontinyu.
3.      Jangka Panjang (1 tahun mendatang )
Mengembangkan usaha pengolahan lele konsumsi menjadi produk makanan yang lebih bervariasi , menarik dan tahan lama dengan melibatkan peran serta masyarakat sekitar.
F.      Jumlah dan Jenis Aset
1.      Kolam 705 m2
2.      Induk lele sangkuriang 80 ekor.
G.    Hasil Magang
Dari magang ditempat pengusaha banyak sekali ilmu yang dapat kami serap. Diantaranya adalah nasehat dari M. Zainun Ikhsan, S.Pi selaku pemilik usaha yaitu tentang  kunci menjadi pembudidaya lele yang sukses. Kunci sukses tersebut adalah :
1.      SDM (Sumber Daya Manusia)
Mau bekerja keras, disiplin dan berani mencoba merupakan kunci utama untuk menjadi seorang pembudidaya lele yang sukses. Bila menemui kendala harus bisa menemukan solusi yang paling tepat dan jangan putus asa ketika mengalami kegagalan karena dibalik kegagalan pasti ada pelajaran yang bisa kita petik untuk diperbaiki atau minimal untuk tidak mengulanginya agar bisa terhindar dari kegagalan itu. Selama masih mau belajar dengan sungguh-sungguh maka sukses pasti akan dapat diraih .
2.      Lokasi Kolam
a.    Dekat sumber air dan mudah dalam mengisi maupun membuang air
b.   Cukup terkena sinar matahari
c.    Mudah dalam mengisi maupun membuang air
d.   Merupakan daerah bebas banjir
e.    Aman dan mudah dijangkau
3.      Konstruksi Kolam
Lele bisa dibudidayakan di jenis kolam saja, baik kolam tanah, semen ataupun terpal dan hasilnya kurang lebih sama. Yang perlu diperhatikan adalah konstruksinya harus benar-benar tepat yang bertujuan agar :
a.    Memenuhi standar teknis sesuai dengan syarat kehidupan lele (luas dan kedalaman)
b.   Memudahkan dalam penanganan (pengisian dan pembuangan air, treatment serta proses panen)
c.    Kokoh dan tahan lama
d.   Aman dari predator (berang-berang, burung, kelelawar, dsb)
Berikut ini adalah tips-tips khusus untuk pembuatan kolam terpal:
a.    Sebaiknya kolam dibuat di atas permukaan tanah agar mudah dalam pembuangan air dan terhindar dari luapan air ketika terjadi hujan deras.
b.   Pematang kolam sebaiknya terbuat dari tanah, karena lebih mudah, murah dan tahan lama. Jangan gunakan rangka dari bambu atau kayu karena mudah lapuk dan tidak dapat melindungi sisi luar terpal dari serangan tikus atau tusukan benda-benda tajam.
c.    Upayakan ketinggian permukaan air sejajar dengan tingginya terpal, artinya seluruh bagian dari terpal dapat terendam air. Hal ini bertujuan agar terpal dapat lebih awet karena tidak terkena panas matahari. Ketinggaian air dari dasar kolam minimal 50 cm.
d.   Dasar kolam sebaiknya dibuat miring ke arah pintu pembuangan agar memudahkan dalam panen karena ikan akan terkumpul di satu tempat saat dikeringkan.
e.    Sebaiknya menggunakan terpal dengan ketebalan minimal A5, pilihlah kualitas yang terbaik
4.      Manajemen Kualitas Air
a.    Menggunakan sumber air yang bebas dari penyakit dan pencemaran
b.   Pengolahan air dengan menggunakan probiotik agar air berwarna hijau karena plakton telah tumbuh sebelum benih ditebar. Biasanya membutuhkan waktu minimal 1 minggu.
c.    Penggunaan probiotik secara rutin selama dalam proses pemeliharaan
d.   Pemantauan volume dan kondisi air secara seksama dan kontinyu agar kualitas air tetap terjaga.
Ciri-ciri kualitas air yang menurun:
a.    Air berubah warna menjadi abu2 atau kehitaman
b.   Berbau busuk khas ammonia, bisa dibuktikan dengan menyedot air bagian bawah biasanya bau gas ammonia akan sangat menyengat.
c.    Ikan sering mengambang di permukaan, nafsu makan berkurang drastis.
Ciri-ciri kualitas air yang tetap terjaga baik :
a.    Air tetap bertahan berwarna hijau atau berubah menjadi cokelat kemudian merah. Hal ini telah terjadi keseimbangan ekosistem di dalam kolam.
b.   Tidak berbau ammonia, tetapi berbau khas urine dan feces lele. Hal ini bisa dibuktikan dengan menyedot air bagian bawah, baunya akan sama dengan air permukaan.
c.    Ikan senantiasa aktif berenang dengan nafsu makan yang semakin meningkat dan pertumbuhannya normal.
5.      Kualitas Benih Lele
Syarat benih lele yang baik :
a.    Seinduk, seumur dan seukuran
b.   Lincah
c.    Berasal dari induk unggul yang dibuktikan dengan sertifikat
d.   Tidak dalam keadaan sakit
Tips-tips memilih benih yang baik:
a.    Pilihlah produsen benih yang terpercaya kualitasnya, jujur dan mau memberikan pendampingan teknis.
b.   Sempatkan untuk melihat cara pemeliharaan benih dan induknya secara langsung (Menerapkan CPIB).
c.    Mintalah pendampingan teknis secara rutin.
Padat Penebaran:
a.    Pemula                          :80 – 100 ekor/m3
b.   Pengalaman                  : >100 – 200 ekor/m3
c.    Intensif                         : >200 – 400 ekor/ m3
Cara penebaran dan Adaptasi Benih Lele :
Siapkan ember plastik letakkan disamping kolam, sesuaikan dengan jumlah benih caranya :
a.    Benih lele yang baru datang, dituangkan didalam ember plastik berikut dengan air yang didalamnya.
b.   Istirahatkan selama 5 menit

2 comments:

  1. bro gmana ne xok gx bisa di copy paste,,, plit bnget u coy,,,, heeee

    ReplyDelete
  2. Mantap....kalau mau bergabung atau investasi gmn caranya ...

    ReplyDelete

Ping your blog