Wednesday, June 6, 2012

Maksud dari kurikulum berbasis kompetensi pada pendidikan teknik kejuruan

1    Maksud dari kurikulum berbasis kompetensi pada pendidikan teknik kejuruan dapat diuraikan sebagai berikut:
a.    Kurikulum berbasis kompetensi diartikan sebagai rancangan pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi yang berlaku di tempat kerja.
b.    Substansi kompetensi memuat pernyataan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude)
c.    Isi atau materi kurikulum yang dirancang dengan pendekatan berbasis kompetensi diorganisasi dengan sistem modular (satuan utuh), ditata secara sekuensial dan sistemik.
d.    Ada koreksi langsung antara penjenjangan jabatan pekerjaan di dunia kerja dengan pentahapan pencapaian kompetensi di SMK.  
Sedangkan tujuannya adalah
a.    Menekankan pada hasil belajar atau ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal, bukan dengan sumber seorang guru tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.
b.    Mengembangkan kemampuan melakukan tugas – tugas dengan standar performansi tertentu yang hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik berupa penguasaan terhadap kompetensi yang ditentukan.
implementasi penerapan kurikulum yang berbasis kompetensi adalah:
a.    Sekolah menyusun dan mengembangkan silabus mata pelajaran sesuai potensi sekolah, kebutuhan, dan kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat di sekitar sekolah tanpa mengurangi kompetensi yang telah ditetapkan dan berlaku secara nasional.
b.    Sekolah memberikan fasilitas – fasilitas untuk menunjang tercapainya kompetensi peserta didik.
c.    Guru menerapkan metode diskusi agar siswa bisa aktif dalam proses belajar mengajar .
d.    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajar masing- masing.

No comments:

Post a Comment

Ping your blog