Saturday, June 9, 2012

Pendanaan Usaha


 Untuk mendirikan atau mengembangkan usaha tidak terlepas dari pendanaan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut diantaranya adalah:

  •          Menggunakan dana milik sendiri
Misalnya saja dengan menggunakan dana simpanan yang sudah ditabung selama ini. Jika masih kurang, juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang dimiliki saat ini. Tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnis . Hal ini kita asumsikan  sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, setelah usaha berhasil berjalan.
  • Menggunakan dana orang tua ataupun kerabat.
Meminta bantuan dana usaha kepada orang tua ataupun kerabat adalah salah satu jalan yang tergolong tidak terlalu sulit. Apalagi jika orang tua ataupun kerabat tersebut adalah orang kaya. Tinggal bagaimana kita melobi mereka untuk menginvestasikan keusaha kita ataupun dengan jalan pinjalan langsung.
  •          Membuka peluang investasi kepada orang lain
Saat hanya mempunyai modal pas-pasan, sementara kita mempunyai rencana bisnis yang besar, tak ada salahnya kita atasi dengan jalan membuka peluang investasi kepada rekan-rekan yang memiliki modal cukup. Yang perlu diperhatikan dalam menawarkan kerjasama,kita harus meyakinkan calon investor mengenai prospek bisnis yang akan dibangun. Bisa dengan menggunakan proposal bisnis,. Berikan pula keterangan mengenai berapa persen pembagian hasil antara investor dan pelaku usaha sehingga kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Bila perlu buat perjanjian hitam diatas putih, untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu dikemudian hari.
  •        Meminjam ke Bank
Pinjaman ke bank merupakan cara yang banyak dilakukan para pengusaha. Pinjaman bank ini bisa cair asalkan peminjam tahu bagaimana strategi mengajukan pinjaman ke bank. Bank-bank swasta saat ini memberikan banyak peluang kepada para pengusaha muda yang ingin mengajukan pendanaan untuk sebuah usaha bisnis.
  •         Mencari dana hibah
Cara ini manfaatkan dana-dana pihak ketiga, dan dalam hal ini pihak pemerintah atau pihak swasta. Contohnya sebagaimana kita tahu untuk beberapa perusahaan-perusahaan besar dana hibah ini disalurkan melalui Divisi CSR-nya (Corporate Social Responsibility).  Dalam hal ini perusahaan-perusahaan tersebut bisanya memiliki budget atau anggaran dana tersendiri dalam membangun perekonomian masyarakat  disekitar perusahaan atau masyarakat secara umum. Untuk teknis penyaluran dananya biasanya melalui event-event competition. Oleh karena itu, bisa jadi melalui event-event tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha.

No comments:

Post a Comment

Ping your blog